Selamat Datang Di Website Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia    |    JDIH KEMENDESAPDTTRANS REPUBLIK INDONESIA    |    Peraturan Terbaru :   PermenDesaPDTTrans Nomor 23 Tahun 2016   PermenDesaPDTTrans Nomor 22 Tahun 2016   PermenDesaPDTTrans Nomor 21 Tahun 2016   PermenDesaPDTTrans Nomor 20 Tahun 2016   PermenDesaPDTTrans Nomor 18 Tahun 2016
Bertemu PPI Ehime, Marwan Ajak Mahasiswa Bangun Desa

Bertemu PPI Ehime, Marwan Ajak Mahasiswa Bangun Desa

Oleh : Husnul Abidin, Pada : 2015-11-17 06:03:01

Saat berkunjung ke Universitas Ehime, Jepang, Mendes Marwan Jafar bertemu dengan 42 mahasiswa asal Indonesia di yang tengah menempuh pendidikan di kampus itu.

Dalam sambutannya, Mendes Marwan mengajak mahasiswa untuk mencari terobosan dan inovasi pengambangan dan pembangunan ekonomi pedesaan. Kementerian desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi sangat terbuka untuk masukan dari mahasiswa.

"Jika ada pikiran baru, terobosan baru yang bisa dikembangkan di Indonesia. Kita butuhkan inovasi-inovasi dan kreasi baru dalam pembangunan dan pengembangan desa," kata Marwan di kampus Ehime, Matsuyama, Jepang, Kamis (11/11),

Dijelaskan Mendes, gubenur Ehima mengapresiasi rencana kerja sama antara Kemendes dengan provinsi Ehime. Ini sejalan dengan Universitas Ehime yang telah menjalin MoU dengan tiga kampus terkemuka di Indonesia, seperti UGM, IPB, dan Universitas Hasanuddin.

"Ke depan akan dirumuskan kerja sama konkret dalam kerangka One Village One Profuduct," ujarnya.

Sejalan dengan ini, Menteri Marwan mengingatkan mahasiswa untuk selalu memikirkam solusi untuk kemajuan desa-desa kita. Saat ini ada 74 ribu desa, dan 17 ribu di antaranya sangat tertinggal.

"Ini tugas kita bersama untuk menyelesaikannya sesuai dengan Nawa Cita ketiga Presiden Jokowi, membangun Indonesia dari pinggiran, dari desa-desa dalam kerangka NKRI," kata Mendes Marwan.

NKRI kata Menteri harus didekati dengan pendekatan yang produktif dan inovatif. "Slogan kami 'desa membangun indonesia,' membangun ekonominya, pendidikan, kesehatan, dan infrastrukturnya," ujarnya menjelaskan.

Sementara Ketua PPI Ehime, Erwin Syarif menyatakan senang dikunjungi Menteri Marwan. Kunjungan ini diharapkan bisa menjadi awal kerja sama untuk membangun desa di kemudian hari.

 

Waktu : 12/11/2015 14:20:35

Sumber : Marwan Jafar

Fitur Aplikasi

Kemendesa RI

Biro Hukum Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia.
Jl. TMP Kalibata No. 17, Pancoran, Jakarta Selatan