Selamat Datang Di Website Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia    |    JDIH KEMENDESAPDTTRANS REPUBLIK INDONESIA    |    Peraturan Terbaru :   PermenDesaPDTTrans Nomor 23 Tahun 2016   PermenDesaPDTTrans Nomor 22 Tahun 2016   PermenDesaPDTTrans Nomor 21 Tahun 2016   PermenDesaPDTTrans Nomor 20 Tahun 2016   PermenDesaPDTTrans Nomor 18 Tahun 2016
Dharma Wanita Tingkatkan Wawasan Anggota

Dharma Wanita Tingkatkan Wawasan Anggota

Oleh : Husnul Abidin, Pada : 2015-11-17 05:58:31

Dharma Wanita Tingkatkan Wawasan Anggota

 

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT)  merupakan kementerian baru yang dibentuk pemerintahan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla melalui Perpres Nomor 12 tahun 2015. Perubahan nomenklar kementerian ini secara otomatis diikuti perubahan kepengurusan Dharma Wanita persatuan Kementerian Desa PDTT yang beranggotakan para istri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Pengurus baru Dharma Wanita persatuan Kementerian Desa PDTT periode 2015-2020 sendiri telah dikukuhkan melalui acara serah terima jabatan yang digelar di Kantor Kementerian Desa PDTT, Kalibata, Jakarta, Selasa (10/11/2015).

Jika dulu kementerian PDT dipimpin seorang Sekretaris Menteri (Sesmen), maka saat ini Kementerian Desa PDTT dipimpin oleh Sekretaris Jendral. Perubahan ini praktis diikuti organisasi Dharma Wanita. Kepemimpinan DWP Daharma Wanita periode 2012-2015 yang sebelumnya dipegang oleh Ibu Irma Nurdin sekarang dialihkan ibu Isitiqomah Anwar Sanusi.

Arie Haryati Marwan Jafar selaku penasehat Dharma Wanita persatuan Kementerian Desa PDTT mengatakan, Dharma Wanita merupakan organisasi yang dapat meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan peran serta para istri PNS dalam mewujudkan kesejahteraan anggota dan keluarga.

“Saya berharap Dharma Wanita ini dapat terus melaksanakan serta menigkatkan berbagai jenis kegiatan yang bermanfaat  bagi masyarakat. Dharma Wanita juga harus bisa membantu misi para suami sebagai PNS di Kementerian Desa,” tutur Arie Haryati, istri Menteri Desa PDTT Marwan Jafar.

Dijelaskan, program yang akan dilaksanakan Dharma Wanita meliputi merencanakan beasiswa atau santunan pendidikan, melakukan pembinaan serta meningkatkan  ketahanan keluarga melalui penyuluhan penanggulangana HIV/AIDS dan penyalahgunaan narkoba, pengecekan kesehatan reproduksi keluarga guna mendeteksi kanker leher rahim.

Ari Marwan Jafar menambahkan, peran aktif istri sangat diperlukan guna memperlancar kinerja para suami yang bekerja di Kementerian Desa PDTT. Meski sibuk dalam organisasi, para anggota Dhrama Wanita jangan sampai melupakan peran sebagai ibu rumah tangga sekaligus memanage keharmonisan keluarga.

“Sebagai istri, kita harus mampu memahami apa yang dilakukan suami. Terlebih tugas yang dibebankan kepada suami kita tidaklah ringan. Jika perlu kita para istri turut berperan aktif dalam melancarakan kegiatan pemasyarakatan,” tutup Arie Marwan Jafar.

 

Waktu : 11/11/2015 11:04:05

Sumber : Arie Marwan Jafar

 

Penulis: Trihayuningtyas

Fitur Aplikasi

Kemendesa RI

Biro Hukum Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia.
Jl. TMP Kalibata No. 17, Pancoran, Jakarta Selatan